Pages

Ads 468x60px

Wednesday, February 8, 2012

Curup Rejang Lebong

Hubungi ERWAN FIRDAUS sales Mitsubishi Lampung 082182138998 untuk informasi harga mobil Pajero Sport Lampung, simulasi kredit serta promo dan diskon Pajero Sport Lampung.

Kota Curup merupakan ibukota Kabupaten Rejang Lebong, jarak kota ini 85 Km dari Kota Bengkulu, 371 Km dari Kota Palembang, 633 Km dari Kota Bandar Lampung (via Martapura-Tebing Tinggi). Jalur yang saya lalui adalah Palembang-Pangkalan Balai-Sekayu-Muara Lakitan-Muara Kelingi-Muara Beliti-Lubuk Linggau-Curup dengan waktu tempuh 6-7,5 jam menggunakan mobil pribadi.

Kondisi jalan dari kota Palembang menuju Kota Curup tidak begitu mulus, terutama di Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan, terdapat banyak jalan rusak, mulai dari berlobang, hingga "jalan turun" atau amblas. Jalan mulus bisa kita temui ketika memasuki wilayah Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas hingga Curup.

Sepanjang perjalanan di Musi Banyuasin kita disuguhi pemandangan Sungai Musi, perkebunan Karet, Duren, kebun Duku, kebun Rambutan yang banyak tersebar di kanan dan kiri jalan.

Jalan yang berkelok kelok dan perkebunan sayur di Bukit Barisan menjadi pemandangan yang sangat indah sekali ketika memasuki wilayah Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu, namun jangan sampai lengah oleh keindahan pemandangannya, kita harus tetap berhati hati. oh iya, SPBU sangat sedikit sekali di temui sepanjang Musi Banyuasin hingga Lubuk Linggau, kalaupun ada kadang stoknya kosong, maka untuk antisipasi isilah bahan bakar ketika berada di Pangkalan Balai jika dari Palembang, atau di Lubuk Linggau jika dari Curup. Jika beruntung, kita bisa mendapatkan BBM di SPBU Curup (sering habis stok).

Sekitar 25 Kilometer dari Lubuk Linggau, atau 17 Km lagi menuju Kota Curup kita disambut oleh Objek Wisata Danau Mas Harun Bastari, tepatnya di Kecamatan Selupuh Rejang, disini saya menemukan penjual buah stroberi/strawberi. karena terletak persis dipinggir jalan raya, jadi sangat mudah sekali menemukan objek wisata ini. Ditengah tengah danau ada pulau kecil berbentuk huruf C jika dilihat dari atas. Saya sendiri tak tahu maksudnya, mungkin mengidentikan huruf C dengan nama Curup. CMIIW.

 kebun sayuran di Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari

Di Kota Curup banyak sekali objek wisata, tapi jalan jalan kali ini hanya ke Danau Mas dan Pemandian Suban Air Panas saja. salah satu keunikan Kota Curup adalah hampir disetiap rumah penduduk dapat kita temui daun bawang yang ditanam didepan rumah.

Pintu Masuk Suban Air Panas

Sungai Kecil di pintu masuk

Di Suban air panas ini terdapat dua buah air terjun yang mengalir dari bukit dengan ketinggian masing-masing 50 dan 75 meter. Selain itu, objek wisata menjadi semakin menarik dengan adanya batu yang dianggap keramat dan dikenal sebagai “Batu Menangis”.


Air Terjun
Sayang sekali hanya dua hari saja di kota ini, sebenarnya masih banyak tempat menarik yang belum dikunjungi. oh iya, di Curup juga ada Sate Kelinci yang dapat ditemui di pinggir jalan menuju Danau Mas.
Jika ingin membuat Cuka/Cuko Pempek Palembang, gunakanlah Gula merah (Aren) asli dari Curup. Pasti "lemak nian".

Catatan :
Bawa baju hangat (Curup merupakan daerah sejuk)
BBM cukup sulit ditemui di SPBU, namun mudah ditemui di pengecer.
Wisata : Danau Tes Lebong (PLTA), Air Terjun Talang Rimbo, Suban Air Panas, Kolam Renang Muna Tirta, Air Panas Tempel Rejo, Danau Mas, Talang Kering, Kawah Bukit Kaba, Monumen perjuangan Desa Tabarenah. dan lain lain.
Makanan Khas : Kue Tat (Jadea' Tat dalam Bahasa Rejang) atau Kue Sawah (karena berbentuk seperti Petak Sawah) akan selalu kita temui disetiap acara oleh masyarakat setempat. Menurut saya, kue ini sangat lezat.

5 komentar:

  1. this is the next my destination :)

    ReplyDelete
  2. Sy sbgi orng Depok pernah kesana daerahnya sejuk dan dingin dan pemandanganya lumayan bgs, sy pikir cuma puncak aja yg daerah dan pemandangannya bgs. Soalnya daerah2 lain di sumsel panas panas. Trnyata dibngkulu ada jg PUNCAK. Insya Allah kesana lg.

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali tulisannya mas,
    karena saya sering kesana sebagai supir travel lampung ke lubuk linggau.

    ReplyDelete

 
Blogger Templates