Sunday, April 22, 2012

Pantai Mutun Lampung

Salah satu tujuan wisata favorite di Provinsi Lampung adalah Pantai Mutun, rasanya gak ke Lampung kalo nggak nikmati keindahan pantai ini. Pantai ini mulai dikelola dengan baik, dibeberapa sudut sudah dibenahi dan menawarkan sensasi berbeda. Lokasinya tak jauh dari kota Bandarlampung, sekitar 10 Km dari pusat kota, menuju ke arah kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Mutun merupakan pantai teluk dengan ombak yang tidak terlalu tinggi, sehingga anak kecil cukup aman bermain disini.

Pantai Mutun parkirnya lapang.

Jalur akses ke Pantai Mutun lumayan lancar, kondisi jalan cukup baik, hanya ada beberapa titik kerusakan yang tidak begitu parah, hanya lobang lobang kecil tetapi bisa memacetkan jalan jika sedang ramai. Disisi kanan kiri jalan dapat ditemui beberapa bukit batu yang gundul karena sudah di tambang dan beberapa lokasi pantai yang tak kalah indah. Kita juga akan melalui Tempat Pelelangan Ikan Lempasing, biasanya ikan akan banyak di pagi dan sore hari. Ikan yang dijual juga beraneka ragam, mulai dari ikan Simba hingga ikan Hiu.

Pantai Mutun

Harga tiket masuk cukup terjangkau, diluar pintu masuk akan ada portal dan pos, kita dipungut biaya sebesar 2 ribu per mobil, mungkin ini untuk pendapatan desa, kemudian di pintu masuk mobil pribadi jenis mini bus/sedan dikenakan biaya 10 ribu dan tiket 5000 perorang. Di lokasi disediakan penyewaan pelampung, permainan air, dan pondok pondok dengan harga bervariasi, mulai dari Rp.10.000. tergantung nego.
Bukit di pinggir pantai (underconstruction)

Terdapat juga fasilitas wisata air, mulai dari waterboom, kano, area snorkeling, banana boat, atau bagi yang ingin menikmati keliling pulau, bisa menyewa perahu untuk menyeberang, bagi yang hobi mancing, bisa juga mencoba melempar umpannya disini.

Tersedia juga kamar ganti jika pengunjung ingin mengganti pakaian yang basah, dan jangan takut bagi yang tidak sempat membawa pakaian ganti, disini juga dijual T-Shirt dan kerajinan khas pantai.
Waterboom "air asin"

Pulau didekat Pantai Mutun

Satu hal yang sangat disayangkan, mungkin karena sudah sore dan pengunjung hari minggu sangat ramai, saya melihat sampah berserakan dimana mana bahkan mengotori laut. Selain jarang ditemukan tempat pembuangan sampah, kurangnya kesadaran pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan membuat tempat wisata ini jadi kotor. Tapi sore hari sekitar pukul 16.00 WIB petugas pengelola melalui pengeras suara menghimbau kepada pedagang dan penambang (saya gak tau tambang apa) untuk melakukan pembersihan sampah.

Tips :
Jalan masuk yang naik turun bukit dan berdebu, sebaiknya pengendara motor menggunakan masker dan bawalah baju ganti jika ingin bermain air.
Parkir sulit apalagi saat hari libur, mendingan ke ujung pantai aja, agak lebar parkirnya, pondok juga banyak, dan bisa naik ke atas bukit.
Sampahnya jangan buang sembarangan.
Kalo bawa kendaraan ikuti aturan yang mana jalur masuk dan keluar biar gak macet. Pelan pelan banyak anak kecil.
Mintalah tiket sebanyak yang kita bayarkan, misal : bayar tiket untuk 5 orang, mintalah tiket sebanyak 5 lembar.

No comments:

Post a Comment