Sunday, February 21, 2010

Surga Tersembunyi (Teluk Kiluan)

Kali ini tim terdiri dari 10 orang dengan tujuan Teluk Kiluan yang berada di Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, Lampung.

Siang hari (19 Februari 2010) pukul 14.00 tim yang sama sekali tidak tahu lokasi berangkat dari base camp ALBARO, dengan modal nekat dan keinginan kuat untuk membuktikan keindahan Teluk Kiluan.
Informasi yang didapat bahwa ada jalan yang terputus akibat longsoran banjir bandang di daerah Padang Cermin, berdasarkan info itu maka kami beralih menggunakan jalur yang berbeda yaitu jalur Kota Agung (80KM dari Bandar Lampung + 60 KM ke Kiluan). Selama perjalanan ke Kota Agung, rintangan masih cukup mudah di lewati, hanya banjir dan hujan.

Pukul 17.00 kami pun tiba, dengan waktu tempuh selama 3 jam (1 jam untuk berhenti).

Salah satu Jalan di Kota Agung

Hujan turun sangat deras sekali, tepat diatas bukit dengan jalan yang berliku (dari bukit ini bisa terlihat pantai). demi keselamatan kami memutuskan untuk berhenti di dekat Pos Polisi sekaligus nanya nanya dan ternyata kami mendapat kabar yang mengecewakan, kami dinyatakan NYASAR hahahaha... katanya jalur teraman adalah lewat kedondong atau lewat padang cermin, memang bisa kesana melalui Kota Agung, tapi melewati hutan habitat yang sepi gelap dan jalan rusak.
Kami pun kembali membahas apakah akan terus melanjutkan perjalanan, Pukul 18.00 diputuskan untuk kembali ke Bandarlampung dan setibanya di Teminal Kemiling pada pukul 19.30 (ngebut) kami kembali voting apakah menyerah atau terus melanjutkan perjalanan. dan keputusan yang didapat adalah teruuuussss..
Perjalanan dimulai dari awal lagi, Start pukul 19.45 dengan rute Padang cermin, Punduh pidada. Kami kembali mencari informasi jarak tempuh ke Teluk kiluan dan kata teman teman yang pernah kesana kurang lebih 3 jam perjalanan. dengan spekulasi bakal sampe jam 11 malam. Didesa padang cermin ternyata digunakan untuk latihan militer gabungan, banyk pos pos TNI bersebaran, Tank Tank, dan kendaraan militer disana sini seperti dalam keadaan perang.


Jalan yang terputus akibat banjir bandang di Padang cermin ternyata sudah bisa dilalui. Setelah melewati Pos terakhir TNI angkatan Laut, jalan mulai gelap, rusak, menanjak dan basah. Pukul 11 malam kami dihadang oleh pintu gerbang berupa jalur tanah merah menanjak (dengan sisi kanan jurang kedalaman kurang lebih 200 meter dan jalan sedikit tergerus air hujan) jalan ini sejauh 3-4 KM keadaan gelap dan ditengah hutan, setelah tantangan jalur tanah merah, kami dihadang oleh turunan jalan batu becek berlumpur sperti track off road (1,5KM) dengan jurang disebelah kiri jalan masih dalam keadaan hujan gelap dan ditengah hutan, pintu gerbang terakhir adalah dua sungai tanpa jembatan dengan cekungan kurang lebih 1 meter, kedalaman 1/4 - 1/2 meter masih dalam keadaan hujan dan gelap.
Jika sudah melewati 3 pintu gerbang tadi berarti kita telah samapi di teluk Kiluan. track terakhir yaitu jalan setapak di pesisir pantai. Pukul 12 malam kami tiba di salah satu rumah warga, Pak Amin pengelola Ekowisaata Teluk Kiluan 081379087598 dan menumpang istirahat.
 

Keindahan Kiluan sulit dijelaskan dengan kata kata, mungkin beberapa gambar ini bisa sedikit menggambarkan keindahan sesungguhnya.

Jukung, Perahu Khas Masyarakat Kiluan

sudut favorite saya

Didepan Rumah Pak Amin, salah satu tempat pelestarian penyu hijau.

Perahu Nelayan (jukung), pagi hari pukul 6 perjalanan 15 menit ke tengah laut dengan perahu ini kita bisa lihat lumba lumba berenang mendekati perahu
 
Air yang jernih cocok untuk snorkling. Jadi, lestarikan terumbu karang 

Mobil dilarang lewat sini
Pos Ronda, kentongan yang unik

Batu Karang di Pantai Pasir putih
Menuju Pulau
Pemandangan di pulau, ombaknya bisa sampai 2 meter

Dari atas sini turun dengan jalan batu, becek, berlumpur dengan sisi kiri jurang, pintu gerbang ke dua untuk masuk ke Teluk kiluan

Capek, Istirahat. Track offroad menanjak.

sawah, jalur menuju pantai pasir putih

Teluk Kiluan, Dari sini terlihat matahari terbenam.



Pak Amin (tengah pake peci)
Tips :
1. Seperti biasa, cari informasi sebanyak banyaknya dan minta doa kepada orang terdekat.
2. Bagi pemula jangan menggunakan Mobil, karena jalur yang kami lalui (tanggal 19 Februari 2010) sulit untuk dilewati, kecuali sopir berpengalaman.
3. Berangkatlah siang hari.
4. Tidak ada sinyal Ponsel kecuali kartu AS.
5. Bawalah kamera dengan batre biasa, tidak ada listrik masuk, hanya mengandalkan tenaga surya.
6. Jangan lupa peralatan snorkling, pantainya bagus!!
7. Bawa senter, peralatan P3K, minyak angin, sweater atau jaket.
semoga bermanfaat.

UPDATE 28 Agustus 2010
Teman2 Albaro baru2 ini ke teluk kiluan lagi, dan kata mereka jalur yang ada sudah diperbaiki. tidak ada lagi jalan rusak dan jembatan yang putus.
UPDATE 18 September 2011
Thanks to denBagus_roni yang sudah ngasih update tentang Teluk Kiluan. Plus Jalurnya, Plus Tips tipsnya..

skadar untuk info tambahan saja
pantai teluk kiluan semakin mudah untuk dicapai, pastinya via-padangcermin n punduh pedada..
- dari bandar lampung/teluk betung arah ke padangcermin dg jarak tempuh 36 km memakan waktu 45-60 menit, kondisi jalan relatif baik..hingga di titik km 0 tepatnya persimpangan AL, arah kekanan mnuju kedondong dan kekiri mnuju ke pangkalan AL/ bumi marinir/punduh pedada..kita ambil arah kekiri..
- dari padangcermin sampai pasar bawang-punduh pedada berjarak kira2 25 km memakan waktu 30-45 menit, kondisi jalan mulai bervariasi dgn dominasi jln rusak parah 20%, rusak sedang 40%, rusak ringan 20%, bagus 20%..
- pada persimpangan jalan di pasar bawang, jalur kekanan yang akan mengantarkan kita ke pantai kiluan dgn jarak tempuh kira2 3 km, kondisi jalan cukup baik dgn aspal lapen, sebagian msih blm diaspal tp sudah dikeraskan..
- pada persimpangan terakhir, jalur lurus menanjak akan mengantarkan kita ke kelumbayan induk, ambillah jalur kekiri yg langsung mnurun tajam krn inilah jalur ke teluk kiluan..kondisi jalan cor beton kemiringn ckup terjal, prlu hati2 dn perlahan saja krn roda kndaraan akan mudah trgelincir lntaran kondisi jalan cor yg sudah mulai mngelupas trgerus air..hanya skitar 2km prjalanan kita sdh sampai di pantai kiluan..

tips:
- smua jenis kendaraan sdh bisa sampai ke teluk kiluan, tapi sangat tdk diajurkan untuk jenis sedan..
- harus sangat berhati-hati untuk kndaraan yang jarak body dg aspal ckup rndah krn akan sangan beresiko 'kepentok' terlebih apabila musim hujan dimana pada titik2 trtentu kndisi jln sangat parah dg lubang2 bagaikan kubangan yg akan menipu pandangan..
- bawalah peralatan dn logistik yg cukup, krn jarak yg ckup jauh dr pusat kota mnyebabkn selisih harga cukup lumayan jauh..
- arahan tadi sdh ckup jelas krn smua simpangan pada posisi 'mentok'..tapi klo msih ada kraguan, tdk ada salahnya untuk bertanya, krn malu bertanya sesat dijln..
- kalau msih kurang jelas dn perlu info lbih jauh dn detail..call 081368832319 aja...ane siap bantu gan...




22 comments:

  1. nice trip...pernah juga liat d tivi..kayakny keren..tp jauh ny itu bro...

    ReplyDelete
  2. beeeeeeeeeehhhh..
    mantaaaaabbb wan!!
    keren tuh pantainya.. masih 'perawan' lagii.. hahaahaha

    terus posting2 ya kalo jalan2 laagii....

    ReplyDelete
  3. @ Dila (ilalang) : yup!! emang nice trip, keren abis deh.. gak begitu jauh kok dari Bandarlampung tapi kalo dari Palembang iya!! jauh sangat.

    @ Dian : oke Sista!! ntar mau ke Pagaralam sama ke Anyer.. pantengin terus deh!! insya Allah di share.

    ReplyDelete
  4. wan,.hewan :))
    kapan kt kemana...

    ReplyDelete
  5. sip, gali trus potensi alam lampung bro

    ReplyDelete
  6. Roni : apa lo blay?? hahaha

    Romadona : tengkyu..

    ReplyDelete
  7. jauh banget, jalan sangat jelek, tempat penginapan eko wisata mahal..banyak nyamuk, susah air..naik perahu kecil bayar sewa 250 rb..jujur nih..kapok kesana lagi..fasilitas gak mendukung. Pantai yg indah lebih dari itu banyak banget dengan fasilitas yg oke.

    ReplyDelete
  8. mas erwan firdaus..
    biayanya ke teluk kiluan abis berapa?
    pgn nih..
    aku brgkt dr rajabasa.. hehe

    ReplyDelete
  9. makasih info n tip2 nya... Skarang jalur mobil kesitu gimana ya ? trus nginepnya gimana ?
    Tx.

    ReplyDelete
  10. Anita : biaya waktu itu gak sampe 150an perorang, kebetulan naik motor. trus rame2.

    Hastu : sudah lama saya nggak kesana. "katanya" sudah bagus. "katanya" loh.. hehehe..

    ReplyDelete
  11. lewat tanggamus g bisa th

    ReplyDelete
  12. Rencana bulan januari ini mau kesana, semoga ga kesasar.

    ReplyDelete
  13. Anonim : Kurang tau juga ya, katanya sih nggak bisa, ujung2nya musti lewat Punduh pidada juga.

    Anonim : Amiiiin.. semoga gak nyasar, oh iya tulisan ini dibuat hampir satu tahun yang lalu.. jadi kemungkinan sudah banyak perubahan diperjalanan.

    ReplyDelete
  14. bang erwan firdaus boleh aku bertanya kalau kitra buat paket dari bandar lampung ke teluk kiluan bagaimana paketnya mohon jawaban diupayakan saat ini juga terimakasih

    ReplyDelete
  15. Anonim : maaf baru buka blog.. wah saya kurang tau juga ya kalo mau paketan (paket barang atau paket liburan nih? hehehe..), dah hampir satu tahun gak kesana. jadi kemungkinan jalan dan penginapan tentu saja banyak yang berubah. coba hubungi nomor Pak Amin di atas, mungkin beliau bisa membantu. atau Dinas Pariwisata Provinsi Lampung.
    kebetulan saya jalan jalan hemat, jadi selalu naik motor atau estafet dengan kendaraan umum atau menumpang kendaraan lewat.

    hm.. atau para bloger lain (lampung khususnya) ada yang bisa bantu??

    ReplyDelete
  16. asliiii seruuuu gan...
    jalannya sudah bisa di tempuh dengan mobill...
    jalan dah di cor...
    2 hari yg lalu kami kesana rame2...
    tapi hati2 jalannya berliku n terjal,
    sampe2 ada insiden kecelakaan, temen kami jatoh...
    akhirnya lum sempet menikmati...
    kami akan kesana lagi setelah temen kami itu sembuh......
    kami juga ketemu bule 2 pasang dari ausi ama jerman...
    mereka sedang honeymoon...
    bule aja ngakui bagus, massa kita yg pribumi ga kesana, RUGI BERAT GAN....

    ReplyDelete
  17. Aseeeek... nice share Gan
    mantab ya Gan? kaskuser nih agaknya hahaha..

    ternyata memang banyak perubahan ya disana, artinya pemerintah sudah mulai serius mempromosikan teluk kiluan sebagai tujuan wisata.
    Saya do'akan semoga temennya cepat pulih, biar bisa kesana lagi. amiiin.
    tuh kan, bule Ausi ma Jerman aja suka.

    ayo kita wisata,
    Dimulai dari Indonesia lalu keliling dunia.

    ReplyDelete
  18. kalo keindahannya luar biasa teluk kiluan... sayangnya wkt aq kesna gk minep... saran : kalo mau kesana lebih baik minep deh tuk agan2nya...
    rugi kalo gk minep...
    pagi2 bisa liat tarian lumba2 tuh..
    perkumpulan lumba2 terbesar tuh...

    ReplyDelete
  19. arah-arah jalanya dong....

    ReplyDelete
  20. kalau dari bndr lmpng rute jalannya lewat mana
    ????

    tolong di jwb ya
    kami mau libran nich

    ReplyDelete
  21. info terkini per-18 september 2011

    skadar untuk info tambahan saja
    pantai teluk kiluan semakin mudah untuk dicapai, pastinya via-padangcermin n punduh pedada..
    - dari bandar lampung/teluk betung arah ke padangcermin dg jarak tempuh 36 km memakan waktu 45-60 menit, kondisi jalan relatif baik..hingga di titik km 0 tepatnya persimpangan AL, arah kekanan mnuju kedondong dan kekiri mnuju ke pangkalan AL/ bumi marinir/punduh pedada..kita ambil arah kekiri..
    - dari padangcermin sampai pasar bawang-punduh pedada berjarak kira2 25 km memakan waktu 30-45 menit, kondisi jalan mulai bervariasi dgn dominasi jln rusak parah 20%, rusak sedang 40%, rusak ringan 20%, bagus 20%..
    - pada persimpangan jalan di pasar bawang, jalur kekanan yang akan mengantarkan kita ke pantai kiluan dgn jarak tempuh kira2 3 km, kondisi jalan cukup baik dgn aspal lapen, sebagian msih blm diaspal tp sudah dikeraskan..
    - pada persimpangan terakhir, jalur lurus menanjak akan mengantarkan kita ke kelumbayan induk, ambillah jalur kekiri yg langsung mnurun tajam krn inilah jalur ke teluk kiluan..kondisi jalan cor beton kemiringn ckup terjal, prlu hati2 dn perlahan saja krn roda kndaraan akan mudah trgelincir lntaran kondisi jalan cor yg sudah mulai mngelupas trgerus air..hanya skitar 2km prjalanan kita sdh sampai di pantai kiluan..

    tips:
    - smua jenis kendaraan sdh bisa sampai ke teluk kiluan, tapi sangat tdk diajurkan untuk jenis sedan..
    - harus sangat berhati-hati untuk kndaraan yang jarak body dg aspal ckup rndah krn akan sangan beresiko 'kepentok' terlebih apabila musim hujan dimana pada titik2 trtentu kndisi jln sangat parah dg lubang2 bagaikan kubangan yg akan menipu pandangan..
    - bawalah peralatan dn logistik yg cukup, krn jarak yg ckup jauh dr pusat kota mnyebabkn selisih harga cukup lumayan jauh..
    - arahan tadi sdh ckup jelas krn smua simpangan pada posisi 'mentok'..tapi klo msih ada kraguan, tdk ada salahnya untuk bertanya, krn malu bertanya sesat dijln..
    - kalau msih kurang jelas dn perlu info lbih jauh dn detail..call 081368832319 aja...ane siap bantu gan...

    ReplyDelete
  22. baru kmaren ane ke kiloan...wah off road kbetulan pas habis hujan jdi jalan nya parah ada pohon tumbang...klw kesana bawa autan ya ganz soal nya nyamuk nya parah ganaz nya heheheh....so eksotik beach...

    ReplyDelete